7 Fakta ( Unik ) Patung Kucing yang Dipercaya Bawa Keberuntung


Maneki Neko merupakan patung kucing yang 'dipercaya' membawa keberuntungan. Biasanya kita sering menemukan patung ini disudut pertokoan untuk menarik pembeli dengan warnanya yang keemasan. Maneki Neko ini sangat terkenal di dalam budaya China maupun Jepang. Nah yuk kita simak 7 fakta unik tentang Maneki Neko yang harus banget kamu tahu!


1. 'Maneki Neko' bermula dari kisah kucing yang menyelamatkan seorang samurai dari sambaran petir

Maneki Neko

Ada banyak legenda 'Maneki Neko' tapi legenda yang paling terkenal adalah Maneki Neko merupakan patung penghormatan bagi kucing yang menyelamatkan seorang samurai.

Kisah ini bermula saat seorang samurai berteduh di bawah pohon karena hujan badai, kemudian sang samurai melihat seekor kucing yang melambai-lambaikan tangan kearahnya berulang kali. Sang samurai pun akhirnya menghampiri kucing tersebut masuk kedalam sebuah kuil tua dan benar saja sesaat setelah menghampiri kucing tersebut, pohon tempat sang samurai berteduh disambar petir.

Saat itu sang samurai percaya bahwa kuil dan kucing yang bernama Tama itu membawa keberuntungan, lalu masyarakat mulai ramai mengunjungi kuil tersebut untuk meminta keberuntungan. Ketika Tama mati, Tama dikubur secara hormat dan sang pendeta membuat patung kucing sebagai penghormatan bagi Tama.

2. Ayunan kaki Maneki Neko memiliki makna tersendiri


Posisi kaki 'Maneki Neko' yang melambai memiliki 3 arti berikut, jika yang melambai adalah kaki sebelah kanan itu berarti sang pemilik patung ingin menarik pembeli.

Kemudian jika kaki patung yang melambai adalah kaki sebelah kiri, artinya sang pemilik patung berharap akan kedatangan keberuntungan dan rezeki.

Lalu jika kedua kaki patung baik kanan maupun kiri sama-sama terangkat itu melambangkan bahwa sang pemilik ingin proteksi dari aura negatif.

3. Maneki Neko memiliki 6 warna berbeda dengan arti yang berbeda pula

Maneki Neko

Biasanya kita hanya melihat Maneki Neko berwarna emas, padahal Maneki Neko memiliki 6 warna yang masing-masing memiliki arti atau melambangkan hal yang berbeda.

Berwarna emas artinya adalah kekayaan dan kemakmuran, berwarna calico atau belang-belang berarti keberuntungan, berwarna putih artinya kebahagiaan dan kemurnian, warna merah artinya hubungan percintaan yang bahagia, berwarna hitam itu artinya proteksi dari aura negatif dan yang terakhir jika patung berwarna hijau itu berarti meminta kesehatan.

4. Benda yang Maneki Neko genggam dan kenakan juga memiliki filosofi masing-masing

Maneki Neko

Coba kamu perhatikan apa yang Maneki Neko kenakan dan genggam? Ada beragam bukan? Masing-masing benda yang dikenakan dan digenggam memiliki filosofinya masing-masing lho.

Jika Maneki Neko membawa koin emas bernama ryo, itu diartikan sebagai pembawa keberuntungan. Jika patung menggenggam ikan sejenis gurame artinya kemakmuran dan keberuntungan, lalu jika patung membawa palu kecil itu diartikan sebagai kekayaan. Kemudian jika patung membawa batu kristal, itu berarti melambangkan kebijaksanaan.



5. Toko-nyan, kepala Maneki Neko terbesar di dunia berada di Kota Tokoname, perfektur Aichi
Maneki Neko

Tokonyan merupakan patung pelindung kota Tokoname dengan tinggi 3.8 meter dan lebar 6.3 meter ini menarik para wisatawan yang berkunjung ke perfektur Aichi. Tokonyan dibuat sedemikian rupa dengan ciri khas mata bulat yang besar yang seolah-olah memperhatikan seluruh penjuru kota selamanya.

6. Maneki Neko juga punya museum lho yang berada di Kota Okayama

Maneki Neko

Museum Maneki Neko atau Maneki Neko Museum of Arts terletak di pedesaan terpencil didaerah Okayama.

Terdapat lebih dari 700 koleksi patung Maneki Neko dengan berbagai ukuran dan bentuk, lalu di sini juga terdapat Maneki Neko yang terbuat dari kertas, kayu, lilin maupun batu. Bangunan lama dari museum ini dikenal sebagai rumah kucing keberuntungan.

7. Hari Maneki Neko dirayakan setiap 29 November



Hari Maneki Neko atau 'Maneki Neko no Hi' adalah perayaan Maneki Neko yang dilaksanakan setiap tanggal 29 September.

Tanggal ini juga memiliki arti lho, dalam bahasa Jepang angka 9 dibaca (ku), angka 2 dibaca (fu) dan angka 9 dibaca (ku) lalu disambungkan menjad 'ku(ru)fuku' yang berarti menyambut keberuntungan. Netizen merayakan Maneki Neko no Hi dengan mengambil foto kucing peliharannya yang berpose seperti Maneki Neko hihi lucu ya.

Sudah tahu kan 7 fakta unik patung kucing ini, tetap ingat bahwa keberuntungan, kesehatan, kekayaan, rezeki semua datang karena doa kita pada Tuhan serta kerja keras kita. Patung kucing ini hanya sebagai perlambang saja.

2 comments:


  1. Mau menang banyak dengan modal sedikit..
    Ayuk gabung di Agen Domino NAGAQQ.
    =>Bonus Refferal 20%
    =>Bonus Turn Over 0,5%
    =>Min Deposit Rp15.000
    =>1 User ID 4 Games
    Situs yang bisa memberikan kemenangan AGEN BANDARQ
    raih kemenangan anda segera...
    WHATSAPP : +855967014811
    PIN BB : 2B209F68
    Susah menang di situs lain ???
    Ayo daftarkan diri anda di NAGAQQ
    Raih kemenangan Dengan AGEN BANDARQ TERBAIK NAGAQQ
    Bonus Refferal 20%
    Bonus Turn Over 0,5%
    WHATSAPP : +855967014811
    PIN BB : 2B209F68

    ReplyDelete
  2. Now you can get your cat avatar or any animal avatar with new and best Avatar Maker which allows you to <a href="https://makeavatar.io/> Make Avatar Online </a> for free

    ReplyDelete

Powered by Blogger.