4 Kota Hilang Ini Berhasil Ditemukan



BeritaPelangiQQ - Bukan cuma omong kosong atau mitos belaka, di dunia ini emang ada beberapa tempat yang hilang. Bukan karena dimakan sama raksasa loh, ada berbagai penyebab logis yang mengakibatkan sebuah kota jadi menghilang, misalnya aja bencana alam.

Nah, ngomongin soal kota yang hilang pasti lo bakal teringat sama Atlantis. Kota itu sampai sekarang masih jadi misteri. Akan tetapi ada kota lain yang juga pernah hilang, tapi udah ditemukan lagi nih. Mana aja yah kira-kira? Ini nih daftarnya buat lo.

1. La Ciudad Perdida



Sekitar 1300 tahun lalu ada kota yang terletak di pegunungan Sierra Nevada de Santa Marta. Wilayah itu jadi pemukiman selm 700-800 tahun. Lalu, orang Spanyol datang dan membawa penyakit yang ditularkan ke penduduk lokal Tairona. Orang terakhir di kota itu meninggal lalu peradaban di kota itu dilupakan selama ratusan tahun.

Kota itu ditemukan pada 1970 saat ada penjahatyang melewatinya saat mau ke hutan. Mereka beruntung banget karena bisa nemuin kota yang punya banyak emas dan perhiasan mahal. Mereka mengambil emas itu sampai wadah mereka penuh dan menjualnya di pasar gelap. Lalu, para arkeolog mulai curiga dan 'kota yang hilang' itu akhirnya ditemukan lagi.

2. Heracleion



Kota ini banyak nongol di mitos Yunani. Ini adalah kota di mana Heracles melangkahkan kaki pertama kali menuju Afrika. Sekitar 2200 tahun yang lalu, Heracleion kena gempa bumi dahsyat dan tsunami lalu tenggelam.

Pada awal tahun 2000, ada penyelam yang menyelam di perairan Mesir. Mereka nemuin batu aneh lalu membawanya ke permukaan. Mereka lalu sadar kalo itu adalah batu kuno. Mereka menyelam lagi di tempat yang sama dan menemukan patung, perhiasan, dan juga candi Mesir kuno. Sejak itulah kota tua itu ditemukan lagi.

3. Leptis Magna



Ada kota Romawi yang sangat besar yang terkubur di dalam pasir. Kota itu bernama Leptis Magna. Di sana seorang penguasa Romawi, Septimus Severus, lahir. Kota itu jadi kota besar dan sangat penting. Sayangnya, beberapa saat kemudian kota itu dihancurkan oleh penjajah dari Arab. Kota itu ditinggalkan penduduknya dan terlupakan sampai akhirnya terkubur oleh pasir.

Kota itu terkubur selama kurang lebih 1200 tahun. Pada abad 19, arkeolog menemukannya. Anehnya, masih ada banyak bangunan kota itu yang bertahan dan nggak rusak sama sekali.

4. Sigiriya



Seorang raja Sri Lanka bernama King Kassapa membangun istana di atas sebuah batu besar. Menurut legenda, itu adalah satu dari istana paling megah di dunia. Buat masuk ke istana itu, orang harus melewati tangga dan masuk ke dalam mulut bangunan berbentuk singa.

Kassapa nggak hidup lama di istananya itu. Setelah selesai dibangun, dia malah diserang sama saudaranya. Setelah kematiannya tempat itu jadi monumen, lalu biara Budha, dan lama-kelamaan malah terlupakan.

Istana itu lalu ditemukan saat arkeolog mulai menyelidiki tentang legenda terkait istana singa itu. Sekarang Sigiriya masuk 8 keajaian dunia dan jadi tempat wisata populer.



No comments

Powered by Blogger.