3 Keunikan Sebuah Adat Istiadat Yang Hanya Ada di Indonesia

PelangiQQ - Indonesia memiliki berbagai suku yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Setiap suku memiliki bahasa dan adat istiadat masing-masing. Itulah yang merupakan salah satu sumber kekayaan Indonesia, akan budayanya yang sangat beragam.

Meskipun demikian, ada beberapa keunikan sebuah adat istiadat yang hanya ditemukan di Indonesia. Tradisi-tradisi tersebut bisa membuat siapa saja melongo karena kagum, ngeri atau tertawa geli. Penasaran seperti apa adat istiadat yang unik itu? Simak ulasannya berikut ini!

1. Ritual Tiwah - Suku Dayak Kalimantan Tengah

Suku dayak merupakan salah satu suku yang sangat terkenal di Indonesia, terutama hal mistisnya. Ritual tiwah sendiri merupakan tradisi khusus, yang dilakukan untuk orang yang sudah lama meninggal. Keluarga yang ditinggalkan akan mengantarkan tulang orang yang telah meninggal tersebut, ke sebuah rumah yang disebut Sandung.

Ritual ini memiliki tujuan, untuk meluruskan perjalanan arwah menuju Lewu Tatau atau yang disebut surga. Sedangkan untuk keluarga yang ditinggalkan, ritual ini memiliki makna untuk melepaskan kesialan.

2. Tradisi Potong Jari – Suku Dani Papua

Tradisi ini tergolong ekstrim, itulah sebabnya tradisi ini sudah banyak ditinggalkan oleh suku Dani. Potong jari merupakan tradisi untuk menunjukkan kesedihan, akibat ditinggalkan oleh anggota keluarga yang telah meninggal.

Keunikan sebuah adat istiadat suku Dani ini merupakan simbol bentuk kerukunan, kebersatuan, dan kekuatan dalam diri manusia ataupun dalam sebuah keluarga.

3. Gigi Runcing – Suku Mentawai Kalimantan

Meskipun kriteria wanita cantik itu mungkin berbeda-beda tiap orang. Tapi umumnya wanita yang disebut cantik itu adalah, wanita yang memiliki wajah dan badan yang bersih, mulus dan tubuh proposional.

Rupanya kriteria tersebut berbalik untuk masyakarat Suku Mentawai. Di sini, wanita dikatakan cantik jika memiliki telinga yang panjang, tubuh yang dihiasi titi atau tato, dan giginya runcing. Jadi wanita yang masuk dalam kategori cantik di sini harus memenuhi 3 kriteria tersebut. Termasuk meruncingkan gigi, yang diyakini akan menambah kecantikan sang wanita.

Adat istiadat merupakan tradisi, yang diturunkan dari nenek moyang di suatu daerah. Dianggap sakral dan harus dilakukan, meskipun zaman sekarang tidak sama dengan zaman dulu. Itulah kenapa beberapa tradisi dianggap unik, jika ditilik dari zaman modern sekarang ini. Dari ketiga keunikan sebuah adat istiadat, yang hanya dimiliki Indonesia tersebut di atas. Manakah yang menurut kamu paling unik?


Buruan mampir disitus kami . Situs yang penuh hadiah dan gampang menangnya 
Dimana hadiahnya dapat dimenangnya hanya dengan mendaftarkan ID hoki anda & bermain
Situs ini merupakan situs bergengsi yang mudah untuk dimainkan bahkan banjir hadiah jutaan rupiahnya
Hanya dengan modal 25.000ribu rupiah saja , kamu sudah bisa bermain 8GAMES menarik kami :
-Bandar66 (NEW)
-BandarQ
-Capsa susun
-Poker
-Sakong
-Domino99
-Aduq
-Bandar poker
Situs ini dilengkapi dengan LIVE CHAT 24jam & cs yang ramah
JANGAN SAMPAI KETINGGALAN KESEMPATAN BESAR INI BOS ^^  Buruan mampir disitus kami . Situs yang penuh hadiah dan gampang menangnya
Dimana hadiahnya dapat dimenangnya hanya dengan mendaftarkan ID hoki anda & bermain



No comments

Powered by Blogger.