WOW! Fakta Mencengangkan Tentang Zona Waktu Di Seluruh Dunia, Ada Indonesia Ternyata!

Menurut Wikipedia, Zona Waktu adalah wilayah di dunia yang mengamati waktu standar seragam untuk tujuan hukum, komersial, dan sosial. Zona waktu cenderung mengikuti batas negara dan subdivisi mereka karena nyaman untuk area dalam komunikasi komersial atau komunikasi lain untuk menjaga waktu yang sama. 

Namun karena alasan alasan diatas pula kita bisa mendapatkan beberapa hal unik dan mencengangkan terkait zona waktu di berbagai dunia itu sendiri, oleh karena itu ane sudah rangkum beberapa fakta tersebut kedalam list di bawah ini

CHINA Hanya Punya Satu Zona Waktu


Dengan luas daerah yang besar( ke - 3 terbesar di dunia), seharusnya China punya lebih dari satu zona waktu, namun China lebih memilih untuk menggunakan satu zona waktu saja untuk alasan ekonomi dan kepraktisan. Jadi jangan kaget kalau misalnya agan berkunjung di salah satu daerah di China dan sudah jam 9 malam atau 21.00 tapi baru mau sunset yah

Ternyata bukan hanya China saja yang melakukan hal serupa, tapi ada satu negara lain yang punya wilayah luas tapi hanya memiliki satu zona waktu, ya India namanya.

Negara Dimana Matahari Tak Pernah Tenggelam


Kekaisaran Inggris di masa lalu yang memiliki gelar ini karena koloni yang Inggris yang terletak di banyak tempat. Namun di Era Modern hanya ada 1 negara yang layak menggantikannya, yaitu Prancis. Secara teknis, Perancis adalah negara dengan zona waktu terbanyak dan menjadikan negara ini sebagai negara tanpa matahari terbenam.

Negara Perancis yang terletak di benua Eropa memang hanya memiliki satu zona waktu, tapi wilayah prancis bukan cuman di eropa loh, Perancis juga memiliki negara-negara teritorial lain yang ada di berbagai belahan dunia. Ada 8 teritorial dan sekitar 5 provinsi Prancis yang tersebar di berbagai penjuru, menjadikan negara ini punya sebanyak 12 zona waktu, lebih lengkapnya ane post deh listnya.

UTC−10:00 — French Polynesia
UTC−09:30 — Marquesas Islands
UTC−09:00 — Gambier Islands
UTC−08:00 — Clipperton Island
UTC−04:00 (AST) — Guadeloupe, Martinique, Saint Barthélemy, Saint Martin
UTC−03:00 (PMST) — French Guiana, Saint Pierre dan Miquelon
UTC+01:00 (CET) — Metropolitan France
UTC+03:00 — Mayotte
UTC+04:00 — Réunion
UTC+05:00 — Kerguelen Islands, Crozet Islands
UTC+11:00 — New Caledonia
UTC+12:00 — Wallis dan Futuna

Antartika, Benua Tanpa Zona Waktu.


Garis bujur bertemu di kutub, sehingga Kutub Utara atau Selatan tidak memiliki zona waktu resmi. Hal ini praktis menjadikan Antartika menjadi satu satunya benua tanpa zona waktu. Lalu bagaimana caranya ilmuwan yang tinggal di stasiun riset disana untuk menentukan zona waktu? 

Dalam menentukan zona waktu beberapa stasiun penelitian di Antartika menggunakan zona waktu negara yang asal yang mengoperasikan stasiun atau negara pemasok supply mereka, sedangkan yang lain lebih memilih mengamati waktu lokal dari negara-negara terdekat dengan stasiun mereka.

Travel Ke Masa Depan


Bukan dalam hitungan tahun tapi dalam hitungan jam. Kalau hitungan tahun kudu mesti pakai mesin waktu. Kalau yang ini tidak perlu, cukup berkunjung ke perbatasan Afganistan- China lebih tepatnya di Koridor Wakhan. Kalau kita dari Afganisthan dan melintasi koridor ini kita bisa sampai ke China, yang secara otomatis 3 jam 30 menit lebih awal dibanding Afganistan. 

Sayang perbatasan ini di jaga sangat ketat dan katanya ditutup kecuali untuk urusan tertentu. Tapi tenang kita bisa coba Khunjerab Pass yang merupakan perbatasan Pakistan-China, sama seperti Koridor Wakhan, perbedaan jam-nya sama yaitu 3 jam 30 menit 


Tidak ada tanggal 30 Desember 2011 di SAMOA DAN TOKELAU!


Kejadian ini terjadi di Samoa dan Tokelau, pada tanggal 29 Desember 2011. Dalam rangka untuk mendekatkan diri dengan partner bisnis terbaru mereka yaitu Aussie dan New Zealand, pemerintah Samoa dan juga memutuskan pada tanggal itu untuk memindahkan zona waktu mereka ke GMT-11, yang berarti negara ini memilih untuk maju 24 jam daripada zona waktu yang mereka pakai sebelumnya.

Efek dari pemindahan zona waktu ini adalah Samoa dan Tokelau tidak lagi tertinggal hampir satu hari dengan dua negara mitra dagang terbesar di kawasan pasifik, seperti ketika menggunakan zona waktu yang lama

Spanyol Berada Di Zona Waktu Yang "SALAH"


Kenapa "salah"? Karen secara natural berdasarkan bujurnya, sebagian besar daratan Spanyol berada di garis bujur yang sama dengan atau paling tidak di beberapa daerah lebih ke barat dari Inggris. Namun, Spanyol yang sekarang zona waktunya satu jam lebih duluan dibanding Inggris

Usut punya usut ternyata ini berawal dari Jenderal Franco, seorang diktator yang memerintah Spanyol pra perang dunia ke 2, dimana dia sengaja memajukan zona waktu di seluruh Spanyol agar bisa sama dengan zona waktu Deutschland a.k.a Jerman yang saat itu berada dibawah kekuasaan Nazi .


Zona Waktu Yang Digunakan Astronot di ISS


Mengambang diluar angkasa para astronot dari seluruh penjuru dunia yang tinggal di ISS mengalami matahari terbenam atau matahari terbit setiap 45 menit. Oleh karena hal ini akan membingungkan secara kronologis jadi ISS harus dikunci pada satu zona waktu. Zona pilihan tersebut adalah UTC+0 . Hal ini dipilih karena cukup netral, dan hanya ESA(Space Agency Eropa) yang sedikit dirugikan akan hal ini.


INDONESIA Pernah Gonta Ganti Zona Waktu Beberapa Kali



Daerah Indonesia pernah dibagi sebanyak 6 zona waktu oleh Belanda tepatnya pada tahun 1932, dengan setiap zona berbeda 30 menit saja. Kemudian, hal ini berubah semasa penjajahan Jepang , demi efektivitas operasi militer, seluruh waktu Indonesia ditentukan untuk mengikuti waktu Tokyo GMT+9. 

Perubahan berikutnya terjadi pada tahun 1947, Zona waktu Indonesia pertama kalinya dibagi 3 yaitu GMT+7, GMT+8, dan GMT+9 persis seperti sekarang. Pada tahun 1950, Indonesia kembali mengubah zona waktu ke 6 zona waktu, pengecualian buat papua yang masih berada dibawah kontrol Belanda. 

Lalu pada tahun 1963, setelah Irian Barat di kuasai oleh Indonesia, pemerintah kembali menggunakan 3 zona waktu dan ini sudah tercantum dalam Kepres RI . Yang terakhir adalah pemindahan bali ke zona WITA karena alasan pariwisata, dimana perbedaan waktu dua jam sebelumnya menyebabkan wisatawan asal Australia dan Jepang cenderung untuk meninggalkan Bali terlalu cepat.



di ADD ya bosku sosmed kami untuk mendapatkan info dan bonus menarik dari PelangiKiuKiu.com
BBM : E37271BF WHATSAPP : +6281231804952 LINE : PELANGIQQ

No comments

Powered by Blogger.