Wooww... Ada lobang Misterius di SukaBumi, apa penjelasan BadanGeologi tentang lobang yang muncul tersebut?



Berita Indonesia, Jakarta - Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan (PATGTL) Badan Geologi sudah mengecek kemunculan lubang misterius di area sawah milik warga, Kampung Legoknyenang, RT 05 RW 02, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat. Apa penyebab adanya lubang itu?

Badan Geologi memastikan lubang misterius itu disebabkan adanya terowongan air di bawah tanah. Pejabat Fungsional Perekayasa Utama PAGTL Badan Geologi Rustam menjelaskan lokasi titik amblesan terletak di atas terowongan tanah yang dialiri air.

Terowongan tersebut memiliki panjang sekitar 50 meter, dengan tinggi terowongan 3,2 meter dan lebar 2,5 meter. Terowongan yang disebut memicu terjadinya amblesan itu melintas dari arah barat menuju Sungai Cigalunggung. Bangunan terowongan itu juga tidak diperkuat oleh konstruksi pada dinding dan atapnya. Kondisi tersebut membuat terowongan mudah terkikis oleh air yang mengalir di dalamnya.

"Sehingga menyebabkan adanya rongga bawah tanah yang semakin membesar dan tidak kuat menahan beban tanah di atasnya yang mengalami penambahan tingkat kejenuhan tanah akibat mulai turun hujan," kata Rustam di Kantor PAGTL Badan Geologi, Kota Bandung, Senin (10/9/2018).


Selain itu, lanjut dia, berdasarkan Peta Geologi Regional Lembar, lokasi amblesan sawah ini berada pada formasi batuan Gunung Api Gede. Batuan yang tersusun mudah lapuk (rapuh) dan mudah tergerus air.

"Berdasarkan pengamatan di lapangan, lokasi kejadian berada pada tanah lapukan batuan gunung api berupa pasir tufaan, dengan karakteristik tanah lapuk berwarna kuning kecoklatan, kurang padu, agak gembur karena penggunaan lahan di atasnya berupa sawah, maka tanah tersebut jenuh air," tuturnya.

Baca juga: Lubang Misterius di Sukabumi, Pemilik Sawah Merugi

Agar tidak terjadi kembali tanah ambles, pihaknya menyarankan untuk dibuat penguatan pada dinding dan atap sepanjang terowongan tanah tersebut. Sehingga bangunan terowongan kokoh dan tanah di atasnya tetap stabil.

"Masyarakat supaya tetap waspada terhadap amblesan tanah, namun tetap tidak panik dengan pemberitaan yang ada," ujar Rustam.

No comments

Powered by Blogger.