11 Tips Yang Baik Dilakukan Saat Gempa Terjadi.

Sering Terjadi di Indonesia, Ketahui 11 Tips Menghadapi Gempa Bumi-Tsunami

Indonesia kini tengah berduka. Rentetan bencana alam terjadi di berbagai lokasi di Tanah Air. Apalagi posisi negara kita ini berada di Cincin Api Pasifik (Ring of Fire) yakni daerah sepanjang 40.000 km yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudera Pasifik.
Pada Agustus lalu, warga Lombok didera gempa terbesar 7,0 Skala Ritcher. Tak berhenti sampai disitu, gempa susulan terus terjadi setiap harinya hingga beberapa minggu kemudian. Ratusan korban meninggal dan ribuan mengalami luka-luka.
Setelah Lombok, warga Aceh juga dikagetkan dengan gempa yang terjadi tengah malam. Gempa yang terasa mulai pukul 00.51 WIB itu berkekuatan 5,3 SR. Getarannya terasa hingga daerah Medan.
Gempa kembali mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah. Gempa berkekuatan tersebut 7,7 SR terjadi sekitar pukul 17.02. BMKG bahkan sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami. Selang beberapa saat gempa juga diumumkan terjadi di Palu dengan kekuatan 5,9 SR.
Gempa yang terjadi di Sulawesi Tengah rupanya telah menyebabkan tsunami di beberapa daerah pesisir. BMKG mengkonfirmasi kebenaran hal itu. Tsunami terjadi dengan ketinggian 1,5 hingga 2 meter.
Edukasi untuk menghadapi gempa di Indonesia memang terbilang sangat kurang. Tips berikut ini akan membantu kalian mengetahui apa yang harus dilakukan saat bencana tersebut terjadi.

1. Jangan Terlalu Panik Saat Gempa Terjadi



Jangan Terlalu Panik Saat Gempa Terjadi

Langkah pertama yang paling penting saat terjadi bencana alam adalah jangan panik. Saat panik, tubuh akan mulai berkeringat karena otak memicu timbulnya hormon stres. Napas dan detak jantung akan semakin cepat.
Hal tersebut, biasanya menyebabkan kalian tidak dapat tenang menghadapi sesuatu. Terkadang saat panik, sebagian orang sampai bingung dan tidak tahu harus melakukan apa.

2. Lindungi Kepala Dan Leher Dengan Lengan



Lindungi Kepala dan Leher dengan Lengan

Jika gempa mengguncang saat kalian sedang berada di dalam ruangan, cobalah untuk melindungi kepala dan leher dengan menggunakan lengan. Langkah ini digunakan untuk menghindari jatuhnya puing-puing bangunan atau benda-benda di sekitar kalian.

3. Segera Berlutut Dan Berpegangan Pada Benda Yang Kokoh



Segera Berlutut dan Berpegangan Pada Benda yang Kokoh

Metode perlindungan yang dapat kalian lakukan saat gempa adalah teknik berlutut, berlindung dan berpegangan. Metode ini sangat dianjurkan oleh Federal Emergency Management Agency (FEMA) dan Palang Merah Amerika.
Ketika merasakan getaran gempa, kalian harus segera berlutut dan merendahkan badan. Kemudian segara cari tempat perlindungan dengan merangkak. Jangan berlari ke ruangan lain, karena kemungkinan terluka akan lebih besar.

4. Cari Tempat Perlindungan Sesegera Mungkin Untuk Menghindari Reruntuhan Bangunan



Cari Tempat Perlindungan Sesegera Mungkin untuk Menghindari Reruntuhan Bangunan

Langkah selanjutnya bagi kalian yang berada di dalam ruangan saat gempa adalah mencari tempat perlindungan. Kalian dapat menggunakan meja atau perabotan lain untuk berlindung di bawahnya. Pastikan perabotan yang digunakan kokoh dan tidak memiliki benda-benda yang mudah pecah seperti lemari kaca.
Jika tidak menemukan meja, kalian dapat menggunakan tips "Segitiga Kehidupan". Metode ini dilakukan dengan berlindunglah di sebelah perabotan kokoh yang tidak begitu tinggi misalnya sofa. Secara teori, bangunan yang runtuh akan jatuh menimpa sofa atau meja dan meremukkannya sedikit, namun meninggalkan sejumlah celah kosong di dekatnya.

5. Jauhi Benda-Benda Yang Mudah Roboh Atau Pecah



Jauhi Benda-Benda yang Mudah Roboh atau Pecah

Studi ilmiah menunjukkan bahwa sebagian besar kematian saat gempa bumi berkaitan dengan jatuhnya puing-puing dan benda, bukan karena bangunan. Lakukan langkah-langkah sebelumnya seperti berlutut dan merangkak untuk berpindah tempat. Kemudian cari tempat perlindungan yang jauh dari benda seperti lampu, kaca, pintu dan semua benda yang beresiko mudah jatuh.

6. Lindungi Diri Dengan Bantal Jika Sedang Berada Di Kasur



Lindungi Diri dengan Bantal Jika Sedang Berada di Kasur

Gempa bisa terjadi sangat tiba-tiba, bahkan mungkin tengah malam saat kalian sedang tidur. Jika hal itu terjadi, kalian harus langsung melindungi diri dengan menggunakan bantal. Berpegangan pada bagian yang kokoh dan jangan berpindah tempat.
Berpindah tempat malah akan menimbulkan kemungkinan cedera pada diri kalian. Ketika meninggalkan ranjang, kalian bisa saja menginjak pecahan kaca atau benda-benda saat tidak sadar.

7. Tetap Lah Di Dalam Ruangan Hingga Aman Atau Gempa Berhenti



Tetap lah di Dalam Ruangan Hingga Aman atau Gempa Berhenti

Penelitian mengungkapkan bahwa kebanyakan cedera yang terjadi adalah ketika orang yang berada di dalam bangunan berusaha pindah ke tempat lain atau mencoba keluar jika jauh dari pintu. Maka jangan meninggalkan ruangan tersebut dan cari tempat perlindungan hingga guncangan tidak terasa.

8. Segera Berhenti Jika Kalian Sedang Dalam Posisi Menyetir



Segera Berhenti Jika Kalian Sedang Dalam Posisi Menyetir

Saat sedang menggunakan kendaraan, sebaiknya kalian segera berhenti ketika gempa mengguncang. Pastikan kalian berhenti di lokasi yang aman, jauh dari pepohonan, bangunan, tiang listrik dan lainnya yang mudah roboh.
Hindari tempat berbahaya seperti jalan layang dan jembatan. Jika gempa bumi sudah mereda, lanjutkan perjalanan dan cari tempat yang paling aman untuk berjaga-jaga dari gempa susulan.

9. Jangan Gunakan Lift Saat Gempa



Jangan Gunakan Lift Saat Gempa

Menggunakan lift saat gempa adalah ide yang sangat buruk. Ketika gempa berlangsung, biasanya listrik mendadak padam. Kalian dapat terjebak di dalamnya. Hal tersebut tentu sangat membahayakan jiwa. Sebaiknya gunakan tangga darurat.

10. Cari Lokasi Yang Luas Dan Jauh Dari Bangunan, Jika Sedang Berada Di Luar



Cari Lokasi yang Luas dan Jauh dari Bangunan, Jika Sedang Berada di Luar

Jangan kira dengan berada di luar kalian akan aman dari efek gempa. Hindari lokasi yang memiliki gedung atau pepohonan tinggi. Carilah lokasi yang luas atau titik kumpul saat bencana. Jangan lupa untuk melindungi kepala dan leher menggunakan lengan.

11. Jika Ada Kabar Potensi Tsunami Segera Pindah Ke Lokasi Yang Lebih Tinggi



Jika Ada Kabar Potensi Tsunami Segera Pindah ke Lokasi yang Lebih Tinggi

Setelah terjadi gempa, kalian harus mewaspadai potensi tsunami. Tetap pantau kabar dari pemerintah dengan jeli. Jika ada kabar potensi tsunami, segera amankan diri dengan mencari lokasi yang lebih tinggi seperti pegunungan. Apalagi jika kalian tinggal di daerah pesisir.
Bawa lah cadangan makanan dan minuman seperlunya. Hindari membawa barang yang tidak diperlukan yang malah akan memperlambat perjalanan kalian saat pindah.


1 comment:

  1. Cari Situs Judi POKER ONLINE Online yang aman dan terpercaya ?
    Solusinya hanya di sahabatpoker99
    Bonus Refferal 15%
    Bonus Turn Over 0,5%
    Hanya dengan minimal deposit 20ribu sudah bisa bermain 8 game sekaligus lohh..
    "NEW AGEN BANDAR 66"
    Ayo daftar dan gabung sekarang juga,,
    WHATSAPP : +855967136164
    PIN BB : 2B13CFDA
    PIN BB : E34BB179
    LINE ID : sweetycandys

    ReplyDelete

Powered by Blogger.