Tiru Nih 8 Rutinitas Pagi Orang Sukses, Siapa Tau Ketularan Ya Nggak



Tiru Nih 8 Rutinitas Pagi Orang Sukses, Siapa Tau Ketularan Ya Nggak


Asian woman waking up in the morning. Outstretched arms.


Coba deh HAI mau tanya, aktvitas apa yang kamu lakukan setiap pagi? Ngecek hape? jogging? atau kangenin mantan?
Kalau menurut HAI nih, ada baiknya jika kamu penuhi pagimu dengan aktivitas yang positif, sob. Karena sebuah riset pernah menunjukan kalau memaksimalkan rutinitas pagi dapat meningkatkan kemampuan kita untuk mengambil kepastian.
Bahkan, aktivitas di pagi hari juga dapat mengubah situasi demi keuntungan kita. Makanya, orang-orang sukses seperti Tim Cook (CEO Apple), Inda Nooyi (CEO PepsiCo) atau Jack Dorsey (CEO Twitter) suka bangun pagi dan beraktivitas.
Penasaran nggak sama rutinitas apa aja yang orang-orang sukses biasa lakuin? Nih langsung aja cek satu per satu sob. Siapa tau ketularan sukses kali ngikutin hehe.
Membaca banyak buku adalah "jurus" yang dilakukan oleh CEO Tesla, Elon Musk, untuk memperkaya pengetahuaannya di bidang sains dan roket.
Sejumlah studi dan para miliarder lain yang germar membaca juga setuju dengan pendapat Musk.
Sebab, pagi hari biasanya lebih tenang daripada sisa hari itu, sehinggamasuk akal untuk menggunakannya untuk membaca.
Otak kita dapat lebih fokus, kita akan dapat menyerap informasi lebih cepat, dan kita dapat memulai dengan kemampuan kognitif yang maksimal sebelum hari kerja dimulai.


Pasukan khusus Angkatan Laut AS sangat menyakini manfaat self-talk positif atau mengatakan hal positif untuk diri sendiri.
Cara ini dapat memberi kita kekuatan untuk melakukan hal-hal yang lebih besar dan jauh lebih banyak daripada yang kita bayangkan, karena dapat menangkal segala negativitas.
Jadi, mulailah hari dengan praktik ini demi memberi pikiran kita "makanan" positif.
Rutinitas sederhana ini akan meningkatkan semangat dan mendorong untuk menjadi lebih baik dalam menyelesaikan semua tugas.

Mencatat daftar tugas


Setelah kita selesai membangun pola pikir positif, buatlah perencanaan untuk aktivitas yang akan kita lakukan.
Hanya dengan menuliskan tugas-tugas yang harus kita selesaikan dalam sehari, kita bisa menerapkan kedisiplinan dalam hidup.
Alih-alih melakukan banyak tugas secara sembarangan, yang justru membuat kita nggak produktif, kita bisa lebih memprioritaskan dan memberikan perhatian penuh pada hal-hal penting terlebih dahulu.
Sulit untuk menjadi produktif ketika tugas terasa terlalu banyak. Tapi, ketika kita mencatat tanggung jawab satu per satu, kita akan dapat dengan hati-hati menilai setiap item dan mengelompokkannya sesuai dengan itu.

Tanyakan kepada diri sendiri tugas apa yang benar-benar mendesak dan apakah ada tugas yang bisa kita delegasikan kepada orang lain. Inilah rahasia untuk memulai produktivitas yang cenderung dilewati banyak orang.
Inspirasi akan lebih membantu kita untuk segera bangkit dari kasur daripada meminum kopi yang tinggi kafein.
Bahkan, saat kita kurang tidur, memikirkan perubahan yang akan dilakukan hari itu membuat kita lebih bersemangat.
Beberapa orang menemukan inspirasi dengan menonton video motivasi, beberapa hanya perlu mendengar nasihat singkat dari orang yang dicintai atau teman, dan ada juga yang lebih suka meditasi.
Ada banyak cara untuk mendapatkan inspirasi. Bagaimana pun, efeknya akan sama-sama memberi kita alasan untuk bekerja lebih keras dan memiliki performa terbaik kita, nggak peduli betapa sulitnya hari itu.

Bersyukur


Bersyukur membawa banyak manfaat yang telah terbukti secara ilmiah, seperti meningkatkan kinerja, kebahagiaan, dan berkurangnya stres.
Tony Robbins, pelatih kehidupan dari AS, menyarankan kita menyisihkan 15 menit di pagi hari untuk mengembangkan diri.

Sebagai contoh pribadi, Robbins selalu meluangkan waktu memikirkan apa yang dia syukuri saat dia bangun.


Gangguan biasanya akan datang saat kita memiliki hari yang super sibuk. Dan, gangguan inilah yang biasanya tanpa disadari membuat kita mengeluarkan banyak uang.
Untuk itu, membuat rancangan pengeluaran adalah solusi yang sangat membantu. Sayangnya, banyak orang yang melewatkan hal ini karena berpikir hanya buang-buang waktu saja.
Cobalah untuk membuat rancangan anggaran di pagi hari dengan memasukan uang secukupnya ke dalam dompet.
Idealnya, siapkan uang seminimal di dompet yang akan kita bawa sepanjang hari. Jika memungkinkan, tinggalkan kartu kredit sehingga kita dapat tetap bebas dari utang.
Kita juga bisa mengalokasikan uang kita ke platform investasi yang memiliki peluang bagus untuk tumbuh.


Sarapan adalah faktor penting untuk memulai hari. Bahkan, para CEO sukses, mulai dari Branson hingga Zuckerberg, setuju jika sarapan yang sehat bermanfaat bagi mereka sepanjang hari.
Hal ini juga terbukti secara ilmiah. Sarapan dapat meningkatkan kekuatan mental hingga membuat kita dalam kondisi yang lebih baik.
Jika tak punya waktu untuk membuat sarapan, kita bisa menyiapkannya di malam hari. Sebelum pukul 08.00 juga menjadi waktu yang sempurna untuk berolahraga.
Tentunya, olahraga pagi hari sangat bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik. Tak perlu melakukan olahraga yang berat. Kita bisa berolahraga dengan jalan kaki saat pergi ke kantor.


Motivator bernama Thomas Corley mengatakan, orang-orang kaya menyisihkan senggaknya15 menit, tanpa gangguan untuk berpikir setiap hari.
Mereka menggunakan waktu itu untuk mengasah cara-cara khusus demi meningkatkan kehidupan mereka, antara lain, tentang bagaimana menghasilkan lebih banyak uang.
"Ketika orang kaya membutuhkan uang, mereka nggak bertanya-tanya apakah itu mungkin, mereka hanya mulai membuat ide-ide baru yang menyelesaikan masalah," ucap Corley.
Ini cara yang mudah namun banyak orang yang mengabaikannya.
Pagi hari adalah momen yang tenang dan minim gangguan sehingga menjadi waktu yang tepat untuk memanfaatkan kebiasaan ini.
Dengan cara ini, kita dapat memikirkan hari ke depan, dan apa yang akan kita lakukan untuk mencapai tujuan.
Perlahan namun pasti, waktu yang hanya beberapa menit itu dapat mengubah impian kita menjadi kenyataan.



No comments

Powered by Blogger.