5 Kisah Pencurian Pesawat Yang Pernah Terjadi

Baru-baru ini dunia dikejutkan dengan pencuri yang anti mainstream. Bukan barang berharga dirumah korban yang dicuri, tetapi sebuah pesawat! 

Kisah mengenai pencurian sebuah pesawat sebenarnya bukan hal baru. Tercatat ada beberapa pencurian pesawat yang terkenal. Ada yang kisah akhirnya tragis, tetapi ada juga yang kisah terakhirnya mengharukan.

Beberapa kisah dibawah ini adalah kisah-kisah tentang pencurian pesawat yang pernah ada.


1. Da Van Nguyen - Pencurian Pesawat Helikopter Chinook


Tahu pesawat Chinook kan gan? Itu lho, pesawat helikopter pengangkut pasukan berbaling-baling ganda.

Tahun 1975, Ba Van Nguyen, seorang tentara Vietnam Selatan mencuri sebuah pesawat helikopter Chinook untuk menjemput keluarganya dan orang-orang lain untuk menyelamatkan mereka dari perang Vietnam. Meskipun pada akhirnya pesawat helikopter itu hancur dilautan karena tidak boleh mendarat di kapal perang USS Kirk, tetapi Nguyen berhasil menyelamatkan seluruh penumpang tanpa mendarat di dek kapal perang tersebut. Dia hanya terbang rendah didekat dek kapal perang untuk menurunkan penumpang yang terdiri dari keluarganya dan orang-orang lain yang ikut kabur karena perang.


Sesaat setelah pesawat helikopter yang terbang rendah diatas laut karena kehabisan bahan bakar itu hancur menyentuh lautan, Nguyen muncul dari dalam air dan diselamatkan oleh kru kapal



2. Harris Moore - Pencurian 5 Pesawat Kecil


Harris Moore adalah seorang pemuda berusia 19 tahun yang dijuluki Barefoot Bandit atau Bandit Bertelanjang Kaki karena sering melakukan aksinya dengan nyeker. Meskipun dia tidak pernah mempunyai lisensi penerbang, namun dia berhasil mencuri 3 pesawat dengan hanya belajar otodidak melalui internet! Peristiwa ini terjadi tahun 2010.

Petualangannya berakhir setelah pihak kepolisian yang mengejarnya selama 2 tahun berhasil menangkapnya. Pesawat terakhir yang dicurinya dari Bloomington, Indiana ke Bahama akhirnya mendarat darurat dan jatuh di Great Abaco Island, namun dia sendiri berhasil selamat.

Harris Moore dijuluki Robin Hood oleh penggemarnya karena selalu berhasil lolos dari kejaran pihak kepolisian, meskipun pelariannya akhirnya berhasil dihentikan. Harris Moore didakwa atas kejahatan pencurian yang lengkap, dari pencurian keripik kentang, pembobolan rumah, pembobolan tenda camping, pembobolan kartu kredit, sampai pencurian 5 buah pesawat kecil.



3. Munir Rafda - Pencurian Mig 21 Fishbed


Munir Rafda adalah pilot pesawat tempur Irak berpangkat Kapten. Dia berhasil mencuri sebuah pesawat tempur Mig 21 Fishbed yang diinginkan oleh Israel kala itu, dengan imbalan 300.000 USD dan kepindahan seluruh keluarganya ke Israel.


22 Agustus 1966, Kapten Munir Rafda berhasil membawa keluar wilayah Irak sebuah pesawat Mig 21F-13 Fishbed-C saat penugasan jarak jauh. 

Tahu kenapa Israel mengganti nomor pesawat dengan kode 007? Ternyata itu untuk meledek Irak dan mengibaratkan pencurian pesawat Mig 21 itu dengan spionase ala James Bond! Sandi operasi pencurian ini oleh Israel dinamakan Operasi Diamond.



4. No Kum Sok - Pencurian Mig 15


No Kum Sok adalah Letnan penerbang Angkatan Udara Korea Utara. Dia membelot ke Amerika Serikat dengan membawa sebuah pesawat Mig 15, rival pesawat tempur F86-Sabre milik Amerika Serikat saat perang Korea berkecamuk. Tanggal 21 September 1952, Mig 15 yang dicurinya berhasil mendarat di Pangkalan Udara Kimpoo di wilayah Korea Selatan. Sandi operasi yang digelar Amerika Serikat untuk memikat pihak tentara Korea Utara membelot ini bernama Operasi Moolah.



5. Richard Russel - Pencurian Pesawat Bombardier Q400


Baru-baru ini yang terjadi adalah pencurian pesawat yang dilakukan oleh Richard Russel, seorang yang bertugas bersih-bersih di pesawat dan memuat tas penumpang berusia 29 tahun. Dia mencuri sebuah pesawat Turboprop bermesin ganda milik Horizon Airlines (Alaska Air) dan menerbangkannya dari landasan pesawat di Seattle-Tacoma International Airport. Bila melihat videonya, manuver yang dilakukan Richard Russel ini tergolong hebat dan berani. Sebuah pesawat besar dibawa bermanuver dengan posisi terbalik, menukik kebawah, lalu kembali pada posisi normal sesaat hampir menyentuh lautan, meskipun pada akhirnya pesawat ini harus jatuh bersama pencurinya di sebuah wilayah bernama Pulau Ketron. RIP Russel!





di ADD ya bosku sosmed kami untuk mendapatkan info dan bonus menarik dari PelangiKiuKiu.com
BBM : E37271BF WHATSAPP : +6281231804952 LINE : PELANGIQQ

No comments

Powered by Blogger.