Gak Perlu Takut, 7 Tips Menjaga Diri untuk Perempuan Saat Pulang Malam

Aktivitas yang padat seperti kerja atau kuliah sering memaksa kita untuk lembur dan pulang larut malam. Rasa khawatir akan kejahatan seringkali membuat was-was, khususnya bagi para perempuan.

Perempuan memang sering dijadikan target kejahatan, oleh karena itu penting sekali untuk menjaga diri lebih hati-hati agar terhindar dari korban kejahatan. Berikut ini 7 tips yang bisa kamu pakai untuk membantumu lebih aman jika sedang pulang larut malam.

1. Jika pulang menggunakan kendaraan umum, pilihlah tempat duduk yang dekat dengan pintu keluar
Image result for Jika pulang menggunakan kendaraan umum
Sebagian orang masih menggunakan angkutan umum sebagai sarana transportasi sehari-hari. Kalau kamu harus pulang dengan angkutan umum saat malam hari, pilihlah tempat duduk yang dekat pintu keluar. Jangan duduk paling belakang apalagi di pojokan. Jika ada bahaya, kamu bisa melompat keluar dengan mudah.

2. Jangan pakai perhiasan yang terlalu mencolok
Image result for jangan pakai perhiasan terlalu mencolok
Dilarang memakai perhiasan mencolok seperti kalung atau gelang emas. Demi keamanan, tinggalkan saja perhiasan tersebut di rumah. Jika baru pulang sehabis menghadiri acara formal, bawalah pakaian ganti yang nyaman, supaya kalau ada apa-apa kamu bisa berlari kencang dengan bebas.

3. Gunakan insting untuk memperhatikan keadaan sekitar, jaga fokusmu untuk selalu hati-hati
Image result for Gunakan insting untuk memperhatikan keadaan sekitar
Selama perjalanan pulang, jaga fokusmu untuk tetap hati-hati. Biasanya saat bosan di jalan, kita sering main ponsel untuk menghilangkan jenuh. Boleh saja main ponsel, tapi jangan terlalu lama karena dapat mengalihkan perhatianmu. Tetap perhatikan keadaan sekitar dan gunakan insting untuk mendeteksi keadaan yang tidak beres.

4. Atur mode 'speed dial' dengan nomor orang terdekat. Jika terjebak dalam keadaan darurat, kamu bisa hubungi mereka dengan cepat 
Image result for Atur mode 'speed dial' dengan nomor orang terdekat. Jika terjebak dalam keadaan
Atur panggilan cepat (speed dial) pada ponsel dengan nomor kerabat dekat seperti ayah, kakak, atau pacar. Jika sedang dalam keadaan darurat, kamu tidak perlu repot mencari nomor mereka dalam daftar kontak. Panggilan cepat akan membantumu untuk menghubungi mereka dengan praktis dan mudah.

5. Siapkan 'senjata' ringan seperti spray bubuk cabai sebagai alat pertahanan
Image result for bubuk cabai
Untuk jaga-jaga, siapkan 'senjata' ringan yang bisa kamu gunakan untuk melawan musuh, misalnya spray bubuk cabai atau merica. Jika tidak ada, gunakan barang apa saja dalam tas seperti ujung pulpen, kunci kost bahkan gulungan kertas tebal.

Barang tersebut bisa kamu pakai untuk melumpuhkan musuh walau sebentar, lalu gunakan kesempatan itu untuk untuk lari sekencang-kencangnya.

6. Jangan takut untuk teriak minta tolong jika sudah terjebak dalam keadaan bahaya
Image result for Jangan takut untuk teriak minta tolong jika sudah terjebak dalam keadaan bahaya
Jika kamu sudah benar-benar terjebak dalam situasi darurat dan bahaya, jangan takut untuk berteriak minta tolong. Teriak sekerasnya supaya masyarakat sekitar bisa mendengar suaramu.

7. Kuasai teknik bela diri praktis sebagai sarana pertahanan diri
Image result for Kuasai teknik bela diri praktis sebagai sarana pertahanan diri cewek
Sebagai mode pertahanan diri yang lebih maksimal, akan lebih baik lagi kalau kamu bisa menguasai beberapa teknik bela diri praktis. Pahami titik lemah vital lawan supaya kamu bisa melumpuhkannya. Menguasai bela diri ringan akan memberikan keuntungan lebih untuk bisa mengalahkan lawan.

Beberapa tips di atas bisa kamu pakai untuk menjaga dirimu saat sedang pulang larut malam, dan tidak kalah penting, kamu harus tetap tenang agar bisa berpikir jernih dalam keadaan apa pun.

No comments

Powered by Blogger.