Sembilan Tips Hidup Sehat dan Bahagia dengan Murah dan Mudah: Elus Kucing hingga Atur Cat Rumah


Ratu Pelangi - Agar tubuh dan pikiran terasa lebih baik Anda tidak harus ikut kelas yoga yang mahal, vitamin dan suplemen yang sulit didapat, spa yang sangat mahal, atau liburan panjang di tempat-tempat yang mengasyikkan.

Berikut sejumlah langkah sederhana yang dapat kita lakukan di kehidupan sehari-hari untuk membantu kita tetap tenang dan nyaman, sehat dan bahagia.

1. Penuhi bagian dalam rumah dengan tanaman

Tanaman dalam rumah terbukti dapat mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan. Bagaimana caranya?

Pada dasarnya, tumbuhan membantu kita menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen.


Tanaman tertentu juga membantu memurnikan udara dan menyaring unsur kimiawi buruk di udara.

Dan tentu saja, daun berwarna dan bunga dapat membuat ruangan cerah - di samping juga perasaan kita.

Jadi tunggu apa lagi? Segera dapatkan bunga leli perdamaian.

2. Cukup minum air putih

Banyak minum air sepanjang hari adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk tubuh dan pikiran.

Air adalah unsur utama tubuh manusia: sekitar 55% pada badan perempuan dewasa dan 60% di antara laki-laki.

Kita memerlukan air agar dapat berkegiatan - jadi seharusnya tidaklah mengejutkan jika kesehatan akan membaik saat kita cukup minum, energi meningkat dan kemampuan konsentrasi juga membaik.


Jika Anda memandang minum banyak air tidak menarik, coba tambahkan perasa alamiah seiris jeruk nipis, ketimun atau jahe.

Kalau Anda sulit menghitung jumlah air yang diminum, terdapat app atau aplikasi yang akan mengingatkan Anda untuk menenggaknya.

3. Atur lagi kamar

Berpikir tentang cara mengatur kembali rumah kita sangat mempengaruhi perasaan, seberapa lelap tidur Anda dan tingkat energi.

Anda bisa memulainya di kamar tidur: biarkan jendela terbuka agar udara segar masuk, cahaya alamiah sebanyak mungkin dan kesampingkan barang-barang yang tidak diperlukan dari lemari dan bawah tempat tidur.

Anda bahkan dapat melihat-lihat buku tentang tradisi Cina, feng shui - yang terjemahan langsungnya adalah angin-air.


Feng shui berusaha menyebarkan kesehatan dan kesejahteraan dengan mengkaji bagaimana qi - kekuatan kehidupan - mengalir.

Bahkan jika Anda tidak benar-benar merasakan qi, Anda masih tetap dapat menikmati rumah yang lebih rapi dan kamar yang lebih teratur.

4. Cat rumah Anda

Warna dinding rumah dapat sangat mempengaruhi perasaan.

Hijau - yang mewakili alam - dapat menciptakan keseimbangan, harmoni dan relaksasi.

Biru adalah warna menyejukkan yang dapat membantu terciptanya rasa kedamaian dan memperbaiki tidur - sehingga baik untuk kamar tidur.


Hindari merah, yang dapat menyebabkan kita bernafas lebih cepat, meningkatkan detak jantung dan tekanan darah.

5. Dengarkan kicauan burung

Jika Anda tidak bisa mempunyai burung sebenarnya, dengarkan rekamannnya saja.

Mungkin kedengarannya gila, tetapi penelitian baru yang dilakukan para Agent BandarQ ilmuwan di King's College London menunjukkan bahwa mendengarkan nyanyian burung dapat memperbaiki kesehatan jiwa sampai empat jam.

Sukarelawan diminta merekam perasaan mereka di app saat mereka berpindah-pindah di dalam kota dan hasilnya menunjukkan keuntungan paparan pada kicauan burung, pohon dan langit dirasakan sampai beberapa jam kemudian.


Dr Andrea Mechelli dari Institute of Psychiatry, Psychology & Neuroscience mengatakan, "Paparan alam dalam jangka pendek memberikan pengaruh menguntungkan yang dapat dihitung pada kesehatan jiwa."

Jika Anda tidak bisa keluar dan bergaul dengan alam, maka unduh sejumlah nyanyian burung ke telepon Anda, pasang headphone, pejamkan mata dan bayangkan pegunungan.

6. Elus kucing

Penelitian menunjukkan bermain dengan kucing memberikan pengaruh positif dan menenangkan.

Sebuah kajian sepuluh tahun pada lebih dari 4.000 warga Amerika oleh para peneliti di Stroke Institute, University of Minnesota, Minneapolis, AS menemukan pemilk kucing 30% lebih kecil berkemungkinan meninggal karena serangan jantung atau tekanan darah tinggi dibandingkan orang yang tidak memiliki kucing.


Jika Anda tidak memelihara kucing, cari seorang teman yang mengizinkan Anda mengunjungi kucingnya.
Juga terdapat app menjaga anjing dan kucing yang dapat membantu Anda bertemu binatang peliharaan orang lain.

7. Manjakan rasa humor

Tertawa paling tidak satu kali sehari, dan amati apa yang terjadi.

Tertawa melepaskan ketegangan fisik di otot, memperbaiki aliran darah dan memicu pelepasan nitric oxide yang meningkatkan sistem kekebalan.

Cekikan juga dapat mengurangi hormon stres dan melepaskan endorfin, senyawa kimiawi yang membuat kita senang dan berfungsi sebagai obat penghilang rasa sakit alamiah.


Yah benar, tertawa dapat menjadi obat yang paling ampuh.

Bertemu teman yang dapat membuat Anda tertawa, tonton pertunjukan komedi langsung atau jika sedang tidak ingin bergaul, tonton video kucing berselancar sebanyak-banyaknya.

8. Terapkan cara kerja orang Skandinavia

Negara-negara Skandinavia - Swedia, Denmark, Finlandia, Norwegia dan Islandia - termasuk yang paling bahagia di dunia.

Dan mereka sepertinya mempunyai berbagai cara untuk meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan di tempat kerja.


Kebiasaan orang Skandinavia ngopi sambil ngobrol
Orang Swedia memiliki kebiasaan fika: istirahat untuk minum kopi dan makan kue sembari bertemu bertemu, berbagi seteko kopi dan kue buatan sendiri.

Fika bisa dikatakan kebiasaan tempat kerja yang diwajibkan.

Tanyakan atasan Anda apakah Anda bisa melakukan hal yang sama? Bukankah tempat kerja yang bahagia sama dengan pegawai yang produktif?

9. Lebih banyak tidur

Istirahat sama pentingnya bagi kesehatan jiwa dan tubuh, seperti juga susunan makanan dan olah raga.

Tidur yang buruk dapat memperlemah sistem kekebalan, meningkatkan hormon stres, keresahan dan depresi - dan saat tidur tubuh Anda memperbaiki diri sendiri.


Berusaha keras agar dapat tidur lebih baik: jaga agar kamar tidur nyaman dan tenang, hindari makan saat larut malam dan matikan listrik - cahaya biru telepon atau tablet akan membuat Anda tetap terjaga.
Juga sekarang adalah saatnya mengurangi kafein.

BandarQ




No comments

Powered by Blogger.