7 Ikan Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup dan Pernah Ditemukan

1. Ikan Paus Biru ( Blue Whale )
លáž‘្ធផល​រូáž”ភាáž–​សម្រាáž”់ foto ikan paus biru
Ikan paus ini adalah paus terbesar di dunia. Sampai-sampai ikan ini adalah ikan paling besar yang ada di bumi ini yaitu ukuran terbesarnya nomor satu daripada spesies ikan lainnya. Paus ini adalah bukan ke dalam spesies pisces, lantaran ikan ini cara bernafasnya dengan menggunakan paru-paru.
Binatang ini di katakan juga binatang mamalia yang habitatnya hidup di dalam laut. Paus ini mempunyai nama latin yaitu Balaenoptera Musculus. Ikan ini mempunyai bobot yang sangat berat yakni 181 ton dan panjang tubuhnya dapat mencapai 33 m
Seperti ikan hiu pada kebanyakan, Ikan hiu jenis Blue Whale ini makannya adalah sejenis hewan-hewan kecil misalnya crustacesa ataupun hewan kecil yang lainnya. Paus ini habitat nya menyebar yaitu di Samudra Hinda, Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik.

2. Lele Raksasa Dari Sungai Mekong
លáž‘្ធផល​រូáž”ភាáž–​សម្រាáž”់ lele raksasa dari sungai
Ikan lele ialah ikan yang banyak di temukan di Negara Indonesia dan ikan ini adalah ikan yang cukup terkenal di berbagai penjuru dunia karena ikan ini mempunyai bentuk yang unik di bandingkan ikan pada umumnya. JIka ikan lele yang berjenis ini adalah ikan lele besar, Apakah kamu pernah sekekali menemuinya? Kalau di Indonesia sendiri kebanyakan ikan lele rata-rata mempunyai bentuk yang kecil dan akan susah menemukan ikan lele yang mempunyai bentuk besar atau bentuk raksasa.
Ikaan lele terbesar dapat kita temukan di sungai terpanjang dan terluas di daratan Asia Tenggara. Atau lebih jelasnya jenis ikan lele raksasa itu hanya dapat di temukan di sungai Mekong yang mana sungai nya memanjang di tiga Negara Aaia Tenggara.
Ikan ini bisa kita temukan di sepanjang aliran sungai Mekong yang mempunyai kedalaman khusus. Dulunya pernah di temukan ikan lele terbesar di Negar Indnesia yaitu di daerah Bogor Jawa Barat.
Yang mana ikan itu mampu mempunyai ukuran yang sangat luar biasa, dan ikan lele itu adalah ikan terbesar di Indonesia nomor satu yaitu dengan bobot mencapai 50 kg dan panjang keseluruhan ikan mencapai 1,5 m.

3. Paus Sirip Punggung (Finback)
លáž‘្ធផល​រូáž”ភាáž–​សម្រាáž”់ paus siri punggung finback
Paus ini memiliki nama latin Balaenoptera Physalus. Jenis paus ini tegolong ke dalam mamalia laut sub-ordo paus balin. Paus besar ini panjangnya mencapai 27 meter, paus ini adalah ikan tersebesar di dunia kedua setelah paus biru (blue whale).
Paus sirip punggung ini sangat gampang di temukan yaitu di samudra seluruh Dunia bagian utama, seperti pada lutan tropis dan daerah kutub. Tetapi paus ini tidak bisa kita jumpai di daerah yang mempunyai banyak lapisan es misalnya kutub selatan dan kutub utara.
Paus ini tidak bisa di temukan pada perairan kecil yang tempatnya sangat dari samudra terbuka. Paus jenis ini hanya mampu hidup di perairan yang memiliki temperatur dingin dan hangat. Paus ini memakan cumi-cumi dan ikan.

4. Ikan Hiu Paus ( Shark Whale)
លáž‘្ធផល​រូáž”ភាáž–​សម្រាáž”់ ikan hiu paus shark whale
Ikan ini bisa di katakan ikan paling besar. meskipun besar ikan yang satu ini tidak bisa di golongkan ke dalam ikan ganas. Malahan sebaliknya, karena meskipun memiliki ukuran yang besar ikan ini memakan hewan kecil yang ada di laut seperti zooplankton atu fitoplankton. Hiu ini mempunyai nama lain Rhincodon typus.

5. Ikan Paus Pembunuh ( Ocra)
លáž‘្ធផល​រូáž”ភាáž–​សម្រាáž”់ ikan paus pembunuh ocra
Ikan paus ini adalah spesies ikan yang paling ganas dan paling menyeramkan yang ada di lautan. Ikan paus pembunuh lebih dekat dengan lumba-lumba. Karena ukurannya sangat besar ikan ini di angap ikan paus
Dari bahasa inggris ikan ini biasa di sebut dengan nama Ocra. Kalau kamu melihat ikan ini pasti kamu menganggap ikan ini adalah ikan yang lucu dan sangat lembut. Akan tetapi jangan mudah terkecoh dengan penampilannya yang cantik. Paus ini adalah ikan ganas yang paling di takuti oleh hewan laut lain.Ikan ini terkenal cukup lincah dalam mendapatkan makanannya. dari ikan ini sangatlah pintar, oleh sebab itu ikan ini sangat gampang untuk makanannya. biasanya ikan ini memakan anjing laut yang paling mereka sukai. Dalam memburu mangsanya ikan ini sangat tersusun.
Paus ini hidupnya bergerombol. Dalam memburu mangsanya paus ini secara bersama-sama. Selain anjing laut yang di mangsa ternyata ada banyak jenis hewan laut yang lain yang jadi mangsanya yaitu hewan yang memiliki ukuran besar.
Terkadang dalam momen tertentu, paus ganas ini sedang memburu mangsanya yaitu mengincar hiu putih yang juga tergolong hewan besar di lautan. Keganasan hiu pembunuh ini terlihat dengan cara mereka memakan mangsanya yaitu dengan cara mencabik-cabik untuk di makan bersama kelompoknya.
Walaupun ikan paus ini memiliki ukuran yang sangat besar namun ikan ini dapat melompat tinggi seperti ikan lumba-lumba pada biasanya. Dalam sekali melompat ikan ini mampu mencapai 10 meter. Bisa di bayangkan betapa ganasnya hiu jenis ini yang mana hiu ini adalah puncak dari sebuah rantai makanan yang ada di laut.

6. Hiu Megalodon
លáž‘្ធផល​រូáž”ភាáž–​សម្រាáž”់ hiu megalondon
Diurutan pertama ada whale shark atau yang biasa disebut dengan hiu paus. Mendengar kata hiu tentunya Anda tidak heran jika ikan yang satu ini masuk ke dalam deretan ikan dengan ukuran terbesar di dunia. Karena memang hiu sendiri dikenal sebagai ikan yang memiliki badan yang besar yang panjangnya dapat mencapai 12,2 meter dan dapat tumbuh lebih besar lagi, serta beratnya dapat mencapai hingga 20 ton. Tapi jika dilihat dari makanannya maka hal tersebut adalah wajar, sebab ikan hiu tidak hanya memakan plankton tapi juga memakan ikan-ikan besar di lautan. Pantas saja ya..
Selain itu, hiu paus merupakan ikan penghuni lautan tropika dan ughari yang memiliki suhu hangat. Meskipun tinggal di samudra yang luas, hiu paus ini seringkali ditemukan tengah mencari makan di sekitar pesisir benua, seperti di Australia barat, India, Zanzibar, bahkan di Indonesia. Namun demikian tidak jarang pula hiu paus terlihat memasuki laguna atau atoll, atau mendekati ke muara sungai.

No comments

Powered by Blogger.